Tips mendesain ruang keluarga



Interior Ruang Keluarga, Image
Ruang keluarga merupakan tempat beraktivitas yang melibatkan seluruh anggota keluarga, seperti menonton tv atau sekedar berkumpul bersama keluarga, sehingga ruangan ini dapat menjadi sarana untuk mempererat ikatan batin yang akan menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga. Oleh karena itu, desain dan interior ruang keluarga haruslah dibuat senyaman mungkin bagi seluruh anggota keluarga. Berikut beberapa hal atau tips yang patut Anda pertimbangkan dalam mendesain ruang keluarga:

Tema

Tentukan tema ruang keluarga sebelum anda merancang interiornya. Yang perlu diperhatikan adalah luas ruangan, karena ini akan mempengaruhi semua hal yang berkaitan dengan perabotan didalmnya, seperti furnitur, warna dinding, atau interior yang lain.

Fungsi Ruang

Tentukan juga fungsi ruang, apakah hanya untuk ruang keluarga, atau berfungsi juga sebagai ruang bermain anak-anak, home theater, atau home entertainmen. Jika anda tidak menginginkan tema tertentu, misalnya minimalis, klasik, modern, atau kontemporer, disarankan untuk mendesain ruang keluarga sesederhana mungkin dengan warna netral, tujuannya, ketika anda menginginkan tema tertentu di ruang keluarga, anda tidak perlu merenovasi total, cukup menambahkan aksen tertentu sesuai dengan tema yang diinginkan.

Furnitur

Pilihlah furnitur dengan menyesuaikan tema dan luas ruang keluarga. Jangan memaksakan diri meletakkan furnitur yang besar padahal ruang keluarga anda kecil, sehingga terkesan sesak dan mengganggu kenyamanan saat keluarga berkumpul. Jika ruang keluarga anda sempit, pilihlah furnitur yang mempunyai fungsi ganda, misalkan sofa yang bisa difungsikan sebagai kasur. Pilihan ini akan menghemat ruangan.

Dekorasi

Dekorasi merupakan usaha untuk mempercantik elemen ruang keluarga dengan berbagai aksesoris. Untuk memilih dan menempatkan aksesoris sesuaikan dengan tema dan luas ruangan. Perhitungkan secara cermat proporsi jumlah aksesoris dengan luas, jumlah aksesoris yang terlalu banyak menjadikan ruangan terkesan sempit. Misalkan dinding, jika anda ingin mencoba mendekorasi sendiri ruang keluarga, pilihlah wall sticker, disamping mudah mengaplikasikannya, wall sticker dapat dilepas dan dipasang kembali tanpa memberikan bekas di dinding. Jika anda mengingkan pilihan yang mudah, pasang saja lukisan favorit atau foto-foto keluarga, tapi ingat, jangan asal pasang, atur sesuai dengan tema lukisan atau momen foto keluarga.

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan elemen penting dalam menghadirkan suasana di ruang keluarga. Jika anda ingin menghadirkan suasana yang berbeda-beda saat berada di ruang keluarga, anda dapat memasang lampu dimmer yang dapat diatur tingkat pencahayaan dalam ruangan. Atau, jika anda menginginkan titik fokus tertentu dalam ruang keluarga, misalnya lukisan atau foto keluarga, tambahkna lampu sorot yang fokus pada objek yang ingin ditonjolkan sebagai titik focus ruang keluarga.

Peralatan Audio-video

Jika anda menginginkan ruang keluarga berfungsi juga sebagai home entertainmen. Anda dapat menempatkan peralatan audio-video pada ruang keluarga. Yang perlu diperhatikan adalah jaringan kabel listrik. Tanam kabel listrik pada dinding ruangan, atau pasang tutup pengaman kabel listrik. Jangan sampai kabel listrik bertebaran di lantai, ini akan beresiko terkena aliran listrik jika kabel bocor. Terlebih lagi jika ada balita dalam anggota keluarga Anda.

Sirkulasi udara

Ruang keluarga merupakan tempat beraktivitas dan berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, sirkulasi udara harus diperhatikan, selain untuk aspek kesehatan juga untuk kenyamanan. Jika ruang keluarga Anda sempit, dengan jumlah orang yang secara bersamaan berkumpul di ruang yang sempit, maka suhu ruangan menjadi pengap dan cepat panas, jika ini terjadi, maka akan mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga. Anda dapat menggunakan AC untuk mengatur suhu ruang keluarga, jika tidak memungkinkan menggunakan AC, maka pilihlah jendela yang lebar, tambahkan exhaust fan atau lubang angin pada ruang keluarga, sehingga sirkulasi udara keluar-masuk berjalan lancar.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...