Bayi cerdas dengan IQ tinggi


Bayi, Kandungan, Cerdas, IQ, Image
Setiap orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang cerdas (baca: IQ tinggi). Banyak yang beranggapan bahwa anak yang cerdas diturunkan dari gen orang tua yang cerdas pula. Pendapat ini tidak salah, tapi juga tidak mutlak benar. Banyak hal yang mempengaruhi kecerdasan anak, disamping secara genetik, memiliki anak yang cerdas dapat dilakukan saat dalam kandungan. Lazimnya orang dewasa, janin dalam kandungan pun dapat diajak untuk belajar. Proses belajar inilah yang dapat merangsang perkembangan otak anak hingga memiliki kecerdasan (IQ) yang tinggi. Disamping tentu saja gaya hidup ibu saat mengandung dan nutrisi janin saat dalam kandungan. Karena saat mengandung, cara hidup dan pola makan ibu adalah cara hidup dan nutrisi bagi janin. Bagaimana caranya ?


Hidup sehat

Untuk mendapatkan anak yang cerdas, maka sang ibu harus menjaga gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Lakukan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur (tanyakan pada dokter kandungan Anda olahraga apa yang baik untuk kandungan dan janin dalam kandungan Anda). Hindari rokok, minuman beralkohol, dan obat-obatan yang dapat menghambat perkembangan otak janin.

Konsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan DHA, seperti ikan tuna, ikan haring, ikan salmon, atau hati. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan janin akan DHA, konsumsi daging unggas dan kuning telur. Untuk menghindari resiko cacat sumsum tulang belakang dan otak, konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, seperti jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan brokoli.

Jauhkan diri Anda dari stress saat mengandung. Stress dapat mempengaruhi perkembangan janin, karena saat mengandung, Anda tidak hidup sendirian tetapi berbagi dengan janin dalam kandungan Anda. Lakukan relaksasi prenatal dengan yoga, misalnya. Atau dengan senam ibu hamil.

Memberi rangsangan pada janin

Pada usia kehamilan 23 minggu, bayi sudah mampu mendengar suara-suara dari luar, meskipun belum sempurna. Ransang otak janin dengan suara musik yang lembut dan menenangkan, seperti musik klasik. Jika Anda muslim, Anda dapat memperdengarkan bacaan Al-Qur’an. Ini bermanfaat disamping merangsang janin, juga mengenalkan Al-Qur’an sejak kecil. Untuk merangsang kemampuan bahasa, menulis, dan membaca anak, Anda dapat mengusap perut ibu dan mengajak berbicara janin. Membacakan buku atau puisi juga dapat mengasah kemampuan janin kelak setelah lahir.

Mengusap perut dengan lembut dan cahaya redup dapat merangsang bayi saat diletakkan didekat kandungan. Anda dapat merasakan adanya gerakan menendang atau kandungan yang bergerak-gerak ketika mengusap kandungan. Hindari cahaya yang terang di dekat kandungan, sepertihalnya orang dewasa, cahaya yang terang dapat mengganggu penglihatan janin.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...